New Year Resolution – 2012 – Telat ^^

Duh, udah pertengahan bulan Januari kok baru sibuk bikin Resolusi, tapi gpp lah dari pada ngga sama sekali kan..

Menurut pengalaman-pengalaman terdahulu kala, membuat resolusi setiap awal tahun ngga banyak berguna buat saya, targetnya sih keren-keren dan mentereng, tapi ya itu, tiap tahun terulang terus, ngga pernah bisa direalisasikan..hehe!! Moga saja tahun ini resolusi ini ngga cuma jadi angan-angan saja (apalagi sekarang udah berkeluarga dan sudah punya baby lagi)

Ok, kita mulai saja buat daftar target dari nomor satu sampe entah berapa……..???

1. Target pertama dan utama

Yaitu, ngalahin diri sendiri, target yang super duper susahnya minta ampun bagi saya. Entah kenapa mental block ini kok sulit sekali ya ditundukkan. Masalahnya bukannya saya tidak tahu apa mental block saya, saya sudah tahu apa yang salah, tapi ya itu tadi, susah bangettttt!!!! Apa karena saya pengecut, kurang berani, ngga punya komitmen ato apalah…hehe (kok malah menghujat diri sendiri)

2. Ngilangin penyakit boros akut (stadium IV)

“besar pasak daripada tiang” pepatah jaman jebat yang sedang menghantui keuangan saya. Ya…ya, saya pribadi sadar kalo saya itu belum orang belum mapan, yang bergaya sok mewah, hihihi. Ngilangin penyakit boros itu gampang-gampang susah, susah kalo kita ngga punya komitmen dan cuma diangan-angan aja (apalagi kalo sudah berkeluarga loh). Gampang kalo kita bisa punya suatu cara yang sistematis dan teruji keandalannya, wong namanya aja ngurus uang yang mesti pake pencatatan yang sistematis to, kalo ngitungnya cuma di kepala, ya sudah pasti lenyap tu uang di dompet ama di rekening. Soal ini saya masih berpikir keras, apakah pake metode yang sudah ada ato mesti bikin metode sendiri. Kita bahas nanti ajalah…pusing!!

3. Fokus-fokus dan fokus

Orang kalo bisa fokus, konsisten dan ngga gampang menyerah, saya percaya, gunung aja bisa dia pindahkan, apalagi masalah remeh temeh. Fokus itu gampang kalo kita udah tahu apa yang kita mau, lah kalo belum, apa yang mau difokuskan!!?? Kita manusia kan ada batasnya, ngga mungkin semua-mua-nya mau dikuasai, begitu juga dengan karir dan pekerjaan. Secara teori sih bisa-bisa saja ngambil kerja sambilan disamping pekerjaan utama kita, tetapi bagi kita yang ngga punya manajemen waktu yang baik, mending ngga usahlah, malah modar dua-duanya pasti tuh !!!

4. Punya Rumah!!!!!!!!!

Sebenarnya sudah bisa tahun ini, cuma mesti nekattttt – dan ilangin penyakit boros akut-nya.

5. Menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk bekerja, belajar, ibadah dan istirahat.

6. Beli mobil yang hemat BBM – Biar anak istri ngga kehujanan dan uang ngga kesedot banyak untuk beli BBM

7. Pulang kampung pas lebaran nanti

Tujuh saja cukuplah, ngga perlu muluk-muluk, saya percaya kalo resolusi nomor 1 dan 2 bisa dicapai, Insya Allah yang lainnya bisa juga…

 

Iklan

Rumah seperti apa yang kamu impikan????

Tag

, ,

Berhubung saya belum punya rumah sendiri, ngga ada salahnya untuk mulai merancang dari sekarang bentuk rumah seperti apa yang akan saya bangun nanti. (Kapan? ^ ^). Dari hasil browsing di internet dan juga lihat-lihat sekeliling, tampaknya rumah dengan desain minimalis masih akan menjadi tren dalam beberapa tahun ke depan. Karena hampir semua developer  yang saya lihat pasti memamerkan desain rumah minimalis sebagai andalannya. Bagus-bagus sih emang, tetapi tunggu dulu, setelah saya pikir-pikir, beli rumah di perumahan seperti itu, selain mahal (15 tahun kreditnya T T), tata letaknya yang berdempetan, bentuknya yang sama semua, tidak cukup ekonomis bagi saya dalam pengembangannya ke depan. Pengertian minimalis bagi saya sendiri tidak cukup hanya desainnya saja, tetapi juga fungsi dari desain itu sendiri. Jaman sekarang indah saja tidak cukup, harus bisa efisien dalam penggunaan energinya nanti. Jadi, kesimpulannya, tanah yang lebih lebar sangat penting untuk mewujudkan keinginan saya nanti, hal ini jelas mustahil apabila membeli rumah dari developer. Ok, keputusan sudah dibuat, saya akan membangun rumah saya sendiri daripada membeli perumahan dari developer. 

Pertanyaannya masih sama, rumah seperti apa yang akan saya buat???

Idenya sih seperti ini, 

1. Rumahnya ngga usah terlalu besar, Rumah tumbuh ukuran 45 sudah cukup, tetapi lahannya harus luas.

2. Pembagian ruang dimaksimalkan agar udara bisa keluar masuk dengan mudah, ngga usah terlalu banyak sekat. Pembagian fungsi ruangan nanti akan terlihat dari desain interiornya.  

3. Ada tiga Kamar tidur, 2 kamar mandi, salah satunya ada di kamar utama. 

4. Setiap kamar, harus dipastikan mendapat sinar matahari pagi. Sedangkan sinar matahari sore akan saya tutup dengan pepohonan agar tidak bisa masuk kedalam rumah.

5. Jumlah Jendela dan Ventilasi yang banyak dan letaknya yang tepat serta plafon yang dibuat tinggi akan membuat rumah sedikit adem, menghemat penggunaan AC. 

6. Lahan yang luas akan dimanfaatkan untuk daerah resapan air, kebun hidroponik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak lupa untuk mendesain sistem daur ulang untuk memaksimalkan pemanfaatan air hujan.

7. Satu hal lagi yang saya inginkan adalah mempunyai pembangkit listrik sendiri di rumah. Pembangkit Listrik mini tenaga angin akan sangat cocok untuk rumah saya yang berada di dekat pantai.

8, 9, 10 dst akan disambung lagi lain kali, cari inspirasi, sekalian gambarnya juga belum ada, hehehehe

7 cara paten membangun masa depan sejahtera

Tag

1. Mengubah Pikiran Anda

Berhenti sejenak dari kegiatan anda, kosongkan pikiran dan lihatlah diri anda di cermin.

Itu adalah aku, tidak akan ada yang akan mengubah hidupku menjadi lebih baik selain diriku sendiri

Melakukan hal tadi berulang ulang setiap hari mungkin akan membuat anda tersadar dan berhenti menyalahkan orang lain. Semua yang terjadi dengan anda adalah hasil perbuatan anda sendiri, bukan orang lain. Hal ini bukan saya maksudkan untuk membuat anda menyalahkan diri sendiri terus menerus, tetapi untuk memotivasi anda untuk lebih keras memperbaiki diri. Rubah diri anda lebih baik dari dalam secara konsisten, dan percayalah perubahan ke arah hidup yang lebih baik akan mengikuti.

2. Sisihkan tidak kurang dari 10 % pendapatan anda untuk tabungan.

Tidak masalah berapa pun pendapatan anda saat ini, anda wajib menyisihkan minimal 10 % untuk tabungan. Hal kecil seperti ini walaupun bagi sebagian orang tidak terasa, dapat dipastikan akan mengubah masa depan keuangan anda. Untuk masalah ini, anda harus sangat keras dengan diri ada sendiri.

Kebanyakan orang, menggunakan pendapatan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup kemudian baru sisanya di tabung. Bagi saya, cara seperti itu benar-benar salah. Manusia diciptakan dengan kebutuhan yang tidak terbatas. Sehingga bisa dipastikan apabila anda menggunakan cara seperti itu, uang anda akan habis tidak bersisa pada akhir bulan.

Baca lebih lanjut

Fakta Menyeramkan tentang kantong plastik

Tag

kantong plastik Apa yang anda pikirkan tentang kantong plastik? Benda biasa yang kita temui dimana saja sehari-hari. Anda mungkin sering melihatnya berserakan di jalanan, di sungai atau dirumah anda sendiri. Semua orang menganggap bahwa hal itu adalah biasa dan tidak membahayakan kehidupan. Tapi anda mungkin akan berubah pikiran apabila mengetahui fakta-fakta tentang kantong plastik berikut ini :

  • Kantong plastik terbuat dari polyethylene
  • Polyethylene merupakan salah satu produk dari minyak bumi
  • Proses produksi dari kantong plastik ini mencemari udara dan menghabiskan energi
  • Empat sampai lima triliun kantong plastik diproduksi setiap tahun.
  • Orang Amerika menggunakan lebih dari 380 milyar kantong plastik setiap tahun. Saya tidak tahun berapa jumlah yang digunakan di Indonesia. Tetapi menurut perkiraan saya tidak lebih kecil dari angka tersebut.
  • Dan Orang Amerika membuang 100 milyar kantong plastik setiap tahunnya
  • Dari 100 Milyar kantong plastik tersebut hanya 1 % yang di daur ulang.
  • Butuh waktu 1000 tahun bagi polyethylene untuk terurai
  • Dan selama proses penguraian tersebut, menghasilkan racun yang mencemari tanah, air dan masuk kedalam rantai makanan.
  • Kira-kira satu juta burung laut dan mamalia mati setiap tahun mengkonsumsi kantong plastik
  • Mamalia Laut menganggap kantong plastik adalah makanan dan mengkonsumsinya
  • Hewan-hewan ini mati dengan sangat menyakitkan karena plastik membungkus saluran pencernaannya atau membuatnya tersedak sampai mati.
  • Plastik-plastik ini karena ringannya akan terbawa angin ke hutan, sungai dan laut. Mencemarinya.

Banyak negara-negara di seluruh dunia mulai menyadari bahaya dari kantong plastik ini. Banyak dari mereka sudah membuat undang-undang tentang penggunaan kantong plastik ini, sedangkan yang lain menaikkan pajak penggunaan kantong plastik ini. Pemerintah Indonesia sejauh yang saya tahu masih belum bereaksi mengenai masalah ini. Padahal penduduk Indonesia yang lebih dari 200 juta jiwa merupakan konsumen yang potensial kantong plastik ini.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap masalah ini, misalnya dengan membawa kantong belanja kita sendiri (yang bukan kantong plastik tentunya) setiap kali pergi berbelanja, agar para pedagang tidak harus mengeluarkan kantong plastik baru yang kemudian akhirnya akan dibuang. Anda ada ide lain??

Mari kita selamatkan bumi ini.

Cara Ilmiah Perbaiki “Mood”

Tag

Pembaca sering merasa “bete” atau dalam istilah inggrisnya Bad Mood? Kalau iya, jangan diremehkan, walaupun kelihatannya sepele tapi itu bisa mempengaruhi masa depan loh . Coba saja kalau misalnya pembaca selalu kelihatan bete di kantor, gaji juga jadi seret kan?? Ato kalo ga selalu kelihatan bete dan awut-awutan di depan calon mertua, bisa-bisa “janur kuning” ga jadi melengkung tuh Sad. Berabe kan?

“Bad Mood” diluar faktor external, seperti masalah dengan pasangan dan faktor lainnya, sebenarnya juga bisa dipicu oleh kekurangan gizi, antara lain kurang mineral selenium dalam makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Mood dikendalikan oleh sistem kerja otak. Kemampuan kerja otak sangat dipengaruhi oleh masukan zat gizi yang Baca lebih lanjut